CARA MEMBUAT TULI-TULI




TULI-TULI di kota BAUBAU


Tuli-tuli merupakan makanan tradisional masyarakat BUTON ( kota BAUBAU ). Tuli-tuli ini merupakan hasil dari olahan singkong.
Cara membuat tuli-tuli ini cukup mudah bahan yang harus di siapkan yaitu singkong, kemudian singkong tersebut di parut hingga halus, setelah halus hasil parutan singkong itu di peras atau di jepit, sehingga kadar air singkong berkurang dan menjadi tepung.
§  Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat tuli-tuli :
1.     Tepung Singkong
2.     Air Matang
3.     Garam
4.     Minyak Goreng


§  Cara membuat tuli-tuli sangatlah mudah:

1.     Pertama, masukan tepung singkong kedalam wadah, kemudian bahan tersebut di campur dengan air matang yang sudah di larutkan dengan garam. Setelah sudah tercampur dan maka adonan tuli-tuli sudah siap.
2.     Kedua, ambilah sedikit adonan kemudian di buat memanjang, selanjutnya bentuk menjadi angka 8 ( DELAPAN ).
3.     Ketiga, gorenglah adonan yang sudah berbentuk angka 8 tadi ke dalam wajan yang sudah berisi minyak goremg yang telah panas, jangan terlalu lama di goreng, usahakan jangan sampai berwarna kuning karna bila berwarna kuning tuli-tuli akan keras.

 




Ini adalah HASIL tuli-tuli yang siap santap, tuli-tuli lebih enak bila di cocol ke sambal tomat. Dan lebih nikmat bila di tambah dengan secangkir Teh hangat, rasanya Mambaka  ( enak ).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MEMORY EKSTERNAL

MAKAN KHAS SAAT RITUAL HAROA